Belajar HTML “Cara membuat Hyperlink”


Belajar HTML “Cara membuat Hyperlink”
By:Rahmat Tauvani

Tulisan ini akan membahas sedikit hal tentang tag html ‘a href’ yang bisa digunakan dalam blogging, dan akan saya masukan dalam kategori Belajar HTML. Untuk tulisan pertama tentang tag html ini, saya ingin menginformasikan cara membuat link (hyperlink) dalam artikelyang artikel/posting.
Sebenarnya link ini sendiri telah ada dalam artikel saya sebelumnya tentang blogging, sepertiArtikel terkait, yang membantu mengarahkan pengunjung menuju artikel lain yang sejenis.Read more, yang membantu pengunjung membaca artikel yang bersangkutan lebih detil.Recent post, mengarahkan pengunjung untuk membaca artikel-artikel terakhir yang diupload. Recent comment, mengarahkan ke komentar terakhir dari pengunjung.
Dalam Blogspot atau WordPress sendiri telah menyediakan ikon (shorcut) yang membantu kita sebagai pengelola blog untuk membuat link dalam artikel/posting, yang biasanya ditandai dengan gambar mata rantai. Kelebihan ikon yang ada dalam WordPress adalah adanya pilihan tambahan terhadap link yang akan dibuat, yaitu link dibuka dalam halaman yang sama atau membuka halaman baru (open new tab atau open new window), selain itu juga memberikan pilihan untuk memberikan deskripsi singkat tertentu (title).


Ikon perintah hyperlink dalam Blogspot

Ikon perintah hyperlink dalam WordPress
Kelebihan yang dimiliki WordPress tersebut menjadi kelemahan dalam Blogspot, karena dalam Blogspot tidak ada pilihan, kita hanya mengisikan url link tujuan saja, pilihan lain tidak ada. Tapi itu bukan berarti dalam Blogspot kita tidak bisa membuat hal yang sama seperti dalam WordPress, kita juga bisa membuat pilihan seperti WordPress melalui Edit html.
Fungsi pencarian itu sendiri dalam tag html dituliskan seperti ini:
1.<a href="http://url tujuan">contoh kata A</a>
Tag html di atas adalah tag dasar yang akan mengarahkan tulisan ‘contoh kata A’ ke ‘url tujuan’. Dalam tag tersebut dapat disisipkan tag tambahan, seperti ini:
1.<a href="http://url tujuan" title="Url Tujuan" target="_blank">contoh kata A</a>
Tag html di atas selain mengarahkan ke url tujuan, juga akan mempunyai perintah lain yaitu pada saat mengarahkan mouse ke di atas kata A (hover) maka akan muncul boks teks bertuliskan ‘Url Tujuan’ (ini disebut dengan title), dan saat diklik, otomatis url tujuan tersebut akan dibuka dalam tab baru atau page baru (page yang asli tidak tetap ada). Sebagai contoh, bisa dilihat pada paragraf dua artikel ini, di situ saya buat beberapa link, salah satunya adalah link pada kata Artikel terkait, tag html pada link tersebut adalah sebagai berikut:
1.<a href="http://ariawijaya.com/2009/05/18/related-articles-atau-artikel-terkait-dalam-blogspot/" title="Related Articles"target="_blank">Artikel terkait</a>
Selain tambahan ‘title’ dan ‘target’, adalagi tambahan lain yaitu ‘nofollow’. Penulisan tag html dengan nofollow adalah seperti ini:
1.<a href="http://url tujuan" title="Url Tujuan" target="_blank"rel="nofollow">contoh kata A</a>
Fungsi ‘nofollow’ di sini adalah lebih kepada perintah bagi robot dari search engine seperti Google untuk tidak mengikuti link tersebut, atau istilah lainnya adalah tidak diindeks. Karena search engine seperti Google, akan selalu mengikuti dan mengindeks link yang ada dalam sebuah halaman web, hasil dari indeks ini akan dimasukkan dalam database search engine.
Sebagai informasi tambahan, fungsi indeks ini akan membantu kita dalam memasukan kontenblog atau website kita dalam database search engine, semakin banyak data blog yang tersimpan tentunya akan makin banyak juga kata kunci (keyword) yang masuk, dan ini berarti kemungkinan pengunjung untuk menemukan blog atau website kita melalui search engine lebih besar dibandingkan jika kita tidak membuat link dalam artikel.
Tapi tentunya tidak semua link tersebut bisa diakses, tentu ada juga link yang sifatnya rahasia, dan mungkin kita tidak ingin ini didata oleh search engine, disinilah fungsi tag ‘nofollow’ tadi.
Mungkin sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan seputar penggunaan a href dalam membuat link di artikel atau posting kita. Saran saya, buatlah link dalam artikel kita yang mengarahkan ke artikel kita yang lain (jadi saling berhubungan), pilih kata-kata (keyword) yang sekiranya tepat untuk kita pasangi link. Semoga dengan cara ini, pengunjung makin betah berlama-lama di blog kita, dan data kita semakin banyak yang tersimpan dalam search engine.

0 komentar:

Posting Komentar

VAN's

cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

VAN's

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

free counters

TRANSLATE

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

VAN's

VAN's

VAN's